BeritaKesehatanTips & Trik

Cara Mendapatkan Nutrisi Jambu Kristal Secara Maksimal

 

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu biji yang bisa dipilih. Jenis ini populer karena terkenal sebagai jambu biji yang tidak mempunyai biji banyak, bahkan juga ada yang tidak mempunyai biji sama sekali. Dengan buah tanpa biji ini membuat jenis jambu ini bisa dikonsumsi dari bayi hingga bahkan juga lansia. Bagi yang tidak suka dengan jambu biji karena bijinya yang mengganggu juga bisa memilih jenis ini sebagai alternatif buah jambu yang dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Jambu Kristal

Buah jambu kristal tidak hanya nyaman untuk mengonsumsinya karena tanpa biji. Tetapi manfaat lainnya adalah dari kandungan jambu biji ini yang mempunyai kandungan nutrisi baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam jambu kristal mempunyai nutrisi yang dibutuhkan per harinya, sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Beberapa kandungan yang dipunyai mulai dari air, energi, protein, lemak, serat, karbohidrat, kalsium, abu, fosfor, natrium, zat besi, kalium, tembaga, seng, beta karoten, dan karoten. Selain itu jambu kristal juga mempunyai kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2.

Memilih Jambu Kristal yang Tepat

Untuk mendapatkan nutrisi maksimal dari buah jambu kristalcara mudah yang bisa digunakan adalah dengan memilih buah yang tebaik. Anda bisa memilih jambu kristal yang matang untuk mendapatkan nutrisi secara maksimal. Selain itu, beberapa pertimbangan lainnya untuk mendapatkan nutrisi yang dipunyai adalah:

1. Melihat tampilan jambu kristal

Cara mudah pertama untuk mengenali jambu kristal yang baik untuk dikonsumsi dan memberikan manfaat nutrisi terbaik adalah dari tampilan luarnya. Periksa tingkat kematangan jambu tersebut dari kulitnya. Pastikan untuk memilih jambu kristal dengan kulit yang terlihat tidak ada memar atau cacat. Hal tersebut karena tampilan jambu kristal yang cacat dan memar juga menandakan bahwa kematangannya belum sempurna.

2. Tekan jambu kristal

Tips selanjutnya untuk memilih buah jambu kristal yang matang adalah dengan menekannya. Buah yang ditekan tetapi masih sangat keras maka menandakan belum matang dan belum bisa untuk dikonsumsi. Sehingga hal tersebut juga membuat nutrisi yang dipunyai belum sempurna dan optimal. Berbeda dengan jambu kristal yang ditekan sudah cukup lembek dan tidak perlu mengeluarkan usaha. Pilih jambu yang mudah untuk ditekan tersebut yang berarti sudah matang.

3. Konsumsi dengan kulit

Tips terakhir untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari jambu kristal adalah dengan memakannya dengan tepat. Setelah memilih yang matang, pastikan untuk mencuci jambu kristal sebelum dikonsumsi. Akan tetapi untuk mendapatkan nutrisi lebih baik Anda bisa mengonsumsinya tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Seperti buah apel dan pir, jenis buah ini juga bisa dikonsumsi dengan kulitnya secara langsung. Kulit jambu mempunyai banyak serat sehingga bagus untuk pencernaan. Selain dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa menggunakan jambu kristal untuk makanan penutup, salad, dan dibuat jus untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Bagi yang mencari jambu kristal untuk dikonsumsi, salah satu tempat membelinya adalah di TaniHub. Tempat ini menawarkan pembelian secara mudah karena bisa dibeli online sehingga akan lebih aman dan nyaman. TaniHub juga menyediakan buah lokal dari petani langsung, sehingga turut mendukung pertanian lokal. Selain buah jambu kristal, di TaniHub juga menawarkan jenis buah jambu dan buah lainnya, sehingga bisa menjadi pilihan tempat untuk membeli jenis buah yang disukai.