Berita

Kumpulan Pengertian Akutansi dari Para Ahli

Mungkin saat melakukan kegiatan sehari-hari kita ini cukup jarang mendengar istilah akutansi. Akutansi ini memang lebih di kenal di dalam dunia bisnis karena memilili keterkaitan dengan keuagan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Akutansi ini merupakansebuah seni dalam pencatatan dan juga pengikhtisaran transaksi keuangan serta penafsiran karena sebuah transaki pada satu kesatuan ekonomi.

Sedangkan jika dikutip dari Investopedia, akutansi ini merupakan proses pencatatan untuk transaksi keuangan yang memang memiliki keterkaitan dengan bisnis. Pada kesempatan kali ini Berita bisnis fortune Indonesia sudah mencatat beberapa pengertian akutansi dari para ahli:

Financial Accounting Standards Board

Di kutip dari Financial Accounting Standards Board (FASB yang merupakan organisasi yang punya fungsi untuk menentukan sebauah standar akutansi dari keuangan mengatakan jika akutansi ini adalah sbeiah kegiatan jasa yang punya fungsi menyediakan sebuah informasi atau data kuantitatif yang digunaka dalam sebuahh pengambilan keputusan di dunia ekonomi.

Suparwoto L (1990 : 2)

Pengertian akutansi menurut Suparwoto L yaitu sebuah  teknik yang di pakai untuk mengukur dan juga mengelola sebuah transaksi keuangan. Hasil yang didapatkan dari pengelolaan ini akan jadi sebuah informasi untuk pihak-pikah internal dan juga eksternal dari perusahaan misalnya , kreditur pemerintah, investor, serikat buruh, dan masih banyak lagi yang lain.

Paul Grady

Definisi akutansi menurut Paul Grady yaitu sebagai sebuah tubuh dari ilmu pengetahuan sekaligus sebagai fungsi organisasi secara sistematis, original, dan autentik saat mencatat, memproses, mengklasifikasi, menganalisa, menginterpretasi semua transaksi dan kejadian serta karakter dari keuangan ynag ada dalam operasional sebuah perusahaan dengan memiliki tujuan untuk menyediakan informasi yang di perlukan oleh manajemen untuk laporan dan pertanggung jawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

American Institute of Certified Public Accounting (AICPA)

Definisi menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA), yaitu sebuah penggolongan, seni pencatatan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu di dalam ukuran transaksi, moneter, dan kejadian yang lainnya yang memiliki sifat keuangan. Didalamnya termasuk juga meringkas dan menafsirkan hasil dengan menggunakan cara tertentu di dalam ukuran fiscal. Kesempatan dan pertukaran ini biasanya memiliki sifat moneter saat menguraikan hasilnya

Donald E. Kieso, et.al (2016)

Pengertian akutansi menurut Donald E. Kieso, et.al dibagi menjadi 3 macam kegiatan yang cukup mendasar diantaranya identifikasi, pencatatan, hingga pengkomunikasian kegiatan ekonomi dalam suatu organisasi kepada ohak yang memiliki kepentingan. Perusahaan ini mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan di sesuaikan dengan kegiatan dalam usahanya. Lalu semua peristiwa yang terjadi di catat supaya menjadi sebuah catatan kegiatan keuangan. Pencatatan ini harus dilakukan secara rinci supaya semua peristiwa serta mata uang yang sama. paling terakhir kumpulan informasi ini akan di komunikasikan lagi kepada semua pihak yang memiliki kepentingan di dalam bentuk laporan untuk akutansi.

Soemarsono S.R (2004)

Pengertian akutansi menurut Soemarsono S.R yaitu sebuah proses dalam melakukan identifikasi, melaporkan informasi ekonomi, dan mengukur untuk di buatkan sebuah penilaian dan juga keputusan yang jelas untuk pihak yang memakai pihak tersebut.

Charles Thomas Horngren & Walter T. Harrison (2017)

Definisi menurut Charles Thomas Horngren & Walter T. Harrison yaitu akutansi ini adlah sebuah informasi yang di dapat dalam mengukur sebuah aktifitas dalam bisnis dan merubah sebuah data menjadi sebuah laporan lalu hasilnya di komunikasikan untuk di lakukan pengambilan keputusan.